5 Agt 2012

Seakan Masih Tidak Rela

Rekan blogger yang berbahagia.
Saya kembali blogging lagi nih karena KKN sudah saya selesaikan rekan sekalian.
tapi saya binggung ingin membagi pengalaman dari mana dulu nih, karena banyak banget yang ingin saya sampaikan sobat.
Rekan yang berbahagia, semoga kalian selalu bahagia disana, juga ceria selalu. Jangan seperti saya yang begitu cengeng, saya masih merasa sedih teramat sangat mendalam karena keberangkatan saya meninggalkan tempat KKN saya sehari yang lalu. Saat keberangkatan kemarin saya tidak mau lagi menangis karena saat perpisahan sehari sebelumnya hampir semua teman-teman saya seangkatan menangis berlinang air mata, bahkan anak yang terkesan keras, kejam, preman, bahkan berhati batu ikut menangis tidak karuan karena
berpisah dengan para orang-orang yang baik dan ramah serta penuh kasih sayang disana. Benar-benar tidak bisa diduga, malam perpisahan itu awalnya kami sepakat jangan membuat mereka menangis, kami harus jadikan malam perpisahan itu sebagai malam yang bahagia tanpa harus ada tangis, namun ternyata saat kami naik panggung menyanyikan lagu perpisahan, para ibu-ibu sudah menangis terlebih dahulu, hingga tidak sadar kami melantunkan lagu perpisahan dengan berlinang air mata. Hingga kami turun panggung dan ramah tamah sudah tidak bisa ditahan lagi untuk menangis.
Saya awalnya sudah menahan untuk tidak menagis, namun ketika bapak adik warda, seorang wali murid yang anaknya kami bina, memelukku dengan erat dan mengatakan "kenapa cepat sekali kak harus pergi, tinggal disini saja ya.., jangan pergi, bapak belum bisa membalas kebaikan kakak semua" dengan suara yang parau karena beliau menangis tersendak-sendak, dan air matanya terasa hangat di pundakku. Saya pun tidak kuasa untuk menepati janji dengan teman-teman untuk tidak menagis. Akhirnya si kejam muarra menagis juga tanpa ampun. Seperti anak kecil ditinggal orang tuanya pergi jauh. saya kira saya saja yang menangis, setelah bapaknya warda kulepaskan dan memandang ke arah teman-teman yang bersalaman dan berpelukan, ternyata mereka juga menangis dengan pelampiasan yang tidak terhingga parahnya, bahkan lebih parah dari saya.
seakan tidak rela untuk pergi meninggalkan desa itu. apalagi adik-adik yang terlanjur sayang dan dekat, hanya tangis tanpa kata yang mereka sampaikan karena kata-kata yang mereka miliki tidak bisa mewakili apa yang dirasa.
Inikah namanya kesedihan Ya Tuhan.
Kami pertama kali datang langsung disambut dengan penuh suka cita, namun ketika kami pergi kennapa harus terasa duka cita yang teramat dalam.
nanti saja saya sambung lagi sobat saya tidak tahan untuk menulis lagi, pengelihatan saya sudah tidak jelas lagi karena tertutup air mata yang tidak tertahankan.
sorry sobat saya mau cari tissue dulu. T_T

76 komentar:

  1. wah salut buat sobat bisa meninggalkan kesan yg tak terlupakan bagi warga. mengharukan dan mengesankan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob trimakasih bnyak,,,
      semoga kehadiran kami disana berguna,,

      Hapus
  2. hampir serupa dengan saya kang..
    saya menangis tersedu2 gara2 anak2 SD yang juga duluan menangis.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bang kadang kita tidak ingin menangis namun ternyata dengan sendirinya air mata mengalir,
      apalagi kalau lihat org lain nangis jadi tersalur juga,,,

      Hapus
  3. hampir semua perpisahan. ada tangisanya., :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang mas chandra, semua perpisahan dilengkapi dengan tangisan,,
      namun bagaimna pun juga nangisnya tidak berlebihan,,,

      Hapus
  4. wahhh jadi ingat pas perpisahan sekolah kmaren,, ingat kawan-kawan sekolah :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun ingat kembali tapi jngan mnangis ya bro,,
      sudah cukup nangisnya,,
      lain kali lagi,,

      Hapus
  5. waduh, hatinya lembut ternyata. gampang tersentuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahh ga juga namun setiap manusia kan memiliki sifat lembut walalu kadang tidak kita sadari,,,
      hehehee

      Hapus
  6. Balasan
    1. ramaikan aja bang ga papa,,, ga dipungut biaya koks,,

      Hapus
  7. KKN yang baik yang membuat masyarakat menangis saat ditinggalkan..
    jarang sekali lho mas bro... sekarang KKN banyak yang sombong gak bisa berbaur dengan masyarakat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kah mas,,
      padahal ilmu dari KKN itu tidak bisa dibandingkan dengan materi paling berharga sekalipun, namun kok ada ternyata yg tidak bisa berbaur ya,, aneh sekali,,,

      Hapus
  8. Emang perpisahan bikin mellow gitu, ya..
    Jadi pengen ngerasain KKN, deh.. >.<

    Oh, ya, makasih udh di follow :)..
    Saya folback, Mas.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya namanya juga perpisahan ada kesedihan di tiap detik suasana,,
      ayo mba cepetan kuliahnya dan yg rajin2 nanti merasakan KKN juga koks,,,

      Hapus
  9. silaturrahim dan interaksi yang baik seringkali memberikan bekas mendalam yang tak terlupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt sob,,
      itulah yg terjadi disana, pagi2 kami sudah dikebun orang bantu2 masyarakat jdx terasa bgt indahnya suasana,,,

      Hapus
  10. kalo udah namanya perpisahan pasti galau sob....yang penting memberikan kebaikan yang membekas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob thanks bnyak ya,,,
      semoga kebaikannya diamalkan dan diajarkan hingga akhir hayat,,,

      Hapus
  11. hehehe...di kuliahku dulu gak ada mata kuliah KKN lho?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau tidak ada KKN jadinya diganti apa mba..?
      namun intinya sama kan atau lebih baik lg,,,

      Hapus
    2. YA MMG gak ada mata kuliah KKN, jd ya gak ada gantinya. Yg ada ya PKL itu udah deh. Tau kan kampus di dekat TPA sukolilo itu lho..

      Hapus
    3. wah kampus yg mana ya mba..? sya trmsuk baru dsbya,,

      mba mnta YM, fb dong,,,>>>>

      Hapus
  12. perpisahan suka bikin sedih ya... Sama ma mbak Ririe pas sy kuliah juga gak ada yg namanya KKN.. Ya kuliah biasa aja.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang perpisahan membuat sedih nich,,
      jdx klw waktu kuliah ga ada KKN adanya apa program sperti pngabdian masyarakat seperti itu,,

      Hapus
  13. hahahaha...disini tissue banyak loohh. bisalah utk 5 or 6 hari nangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terimkasih byak ya, nanti kirim tissue lwat email ya,, hheeehehee

      Hapus
  14. Gantian aku main ke sini...

    Hmm...mau tahu rasanya..aku gak ada KKN... -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya saling bergantian main2 ke rmah masing2,, hehheee
      asik koks mba bsa bergabung melebur bersama orang2 di desa,, terasa pulang kerumah sendiri,,

      Hapus
  15. perpisahan memang berat tapi itu harus dijalaninya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bang,,
      itulah resiko klw perpisahan,, krna klw kita siap untuk pertemuan harus siap juga untuk perpisahan,, sedih dech jadinya,,

      Hapus
  16. aduh bang saya jadi nangis lagi. baru tadi pagi kakak2 KKN yang di desa saya juga pulang. sama sedihnya sampe nangis T.T

    BalasHapus
  17. perpisahan emang berat broo.. palagi orang" ditempat KKN ente, baek dan ramah" ye ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro,,
      serasa berat untuk kmbali ke kota dmna orang2nya ga seramah di desa,,

      Hapus
  18. hiks -.- ntar aku kkn jugak ya? (mahasiswa baru,masih polos) wkwkkwk >< :D setiap pertemuan pasti ada perpisahan :D =.='

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mselamat jadi mahasiswi ya,, semoga lancar aja kuliahnya sampai lulus ga ada halangan,,,

      Hapus
  19. Semoga pengalamannya bisa menambah bekal menghadapi masa depan Sobat. Biasanya pertemuan yang singkat memang selalu penuh dengan makna yang dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas benar,,
      setidaknya dari pertemuan itu kita dapat ilmu baru dan terus mnjalin silaturahmi dgn orang di desa,,
      karena mereka juga bnyak memberikan orang kota sumbangsih yg tidak ternilaikan harganya,,

      Hapus
  20. KKN usai tapi ilmu,pengalaman dan kenangannya akan menetap :)

    BalasHapus
  21. semoga ilmu yg di berikan bisa menambah kemajuan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAMIIIIN mba lis,,
      thanks ya,,

      Hapus
  22. berarti KKN-nya berhasil dong..karena warga berat untuk melepaskan kalian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bang,, bisa dibilang begitu dan pak kades meminta untuk liburan smster ini ada yg masih bertahan disana,, dan akhirnya ada yg bertahan,, hehee

      Hapus
  23. nice posting gan,,,
    share ilmunya gan menjadi publisher iklan

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sobat,,,,
      share ilmu gmna...?

      Hapus
  24. wah mengahrukan...
    pasti akan menjadi kenangan yg tak terlupakan...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt sobat, itulah yg saya rasa kenangan yg menancap di hati,, indah bggt,,,

      Hapus
  25. hiks hiks :( jadi inget waktu perpisahan KKN saya.. pas awal KKN, serasa mau cepet pulang. Sekalinya dah mau selesai, rasanya malah ga mau pulang karena sedih banget harus pisah sama pakde bude yg sudah baikkk banget sama peserta KKN huhuhu..

    but yes, life must go on.. kalo di KKN terus ntar kuliahnya gak kelar pula ya hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya juga berfikir seperti itu awalnya saat pertama kali datang di tmpat KKN, namun lambat laun kami berbaur dagan masyarakat membuat kami semakin menyatu dan akhirnya sedih deh saat pergi meninggalkan mereka,, tapi nanti akan sering2 kesana koks,,,

      Hapus
  26. setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan..& perpisahan itu ada kalanya amat memeritkan~ itulah lumrah kehidupan yg perlu kita telan..~

    moga setiap kenangan suka duka yg tercipta bersama teman2 terus tersemat rapi dalam ingatan~ =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAAMIIIIN....,
      trimakasih ya mba, memng tu yg selalu terjadi resiko bertemu maka berpisah, klw bertemux bhagia maka berpisahx mnyedihkan,,,,

      Hapus
  27. wah aku bingung komentnya yah..
    soalnya aku terharu sahabatku..
    pokoknya sukses selalu buatmu sahabatku.. ^_^
    semangat yah...
    kalau mau nangis lagi, disini banyak tisu looh... hehehe
    maaf bercanda yah sob.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih sob,,
      semoga juga ente dimnapun berada slalu sukses mulia,,,
      oh ya boleh mnta tissue ga yg agak bnyak, sya mau jualan nie dtmpt KKN klw aja bnyak yg nangis jdx tissue laris manis,,,

      Hapus
  28. jadi udah berapa banyak ngabisin tissue? :D

    memang pastinya sedih kalau udah ada ikatan batin, kalau teringat lagi doain aja mereka semoga tetap baik2 saja dan KKN yang kalian lakukan memberi manfaat untuk mereka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheee
      lap air matax pke baju aja mbak, hehee

      AAAMIIIN semoga baik2 aja n sukses slalu untuk org dsana,,,

      Hapus
  29. Semoga kegiatan KKN nya bisa bermanfaat bagi masyarakat, terlebih setelah kegiatan KKN berakhir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAMIIIIN...
      ya bnar bnget bang itu mmang yang dharapkan dr seluruh pserta KKN,,,
      trimakis bnyak bang,,,

      Hapus
  30. aku kira nggak rela yang dimaksud adalah nggak ikhlas...
    kayaknya KKN nya seru tuh, sampai-sampai si pena muarra ikutan mewek...
    btw, maaf lahir batin ya kang? maaf jika ada kata-kata saya yang nggak berkenan...

    BalasHapus
  31. maaf ya, komentarku tadi kok nggak muncul?
    maaf lahir batin ya???

    BalasHapus
  32. waduh, hatinya lembut banget *eh... T_T

    BalasHapus
  33. semoga semakin kuat seiring jalannya hari ya
    kkn biasanya selalu menguatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAMIIIN...
      ya mba terasa bnget stelah kkn angkatan saya semakin kuat dalam memahami tman lainya,,
      kami tambah smakin mngenal,,,
      thanks mba,,...

      Hapus
  34. KKN emang meninggalkan banyak kisah yang gx mungkin mudah dilupain sketika

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang bnyak kisah yang sangat susah dilupakan,,,
      semoga semua kenangan baik membuat sejarah kami diukir dgan tinta emas,,

      Hapus
  35. permisi mas yg dikenal dengan sebutan muarra... eits, nama aslinya sapa ya? ini aku bingung, mas ato mb? *juskid. muarra dapat award nih, cek ya -> http://momogeo.blogspot.com/2012/09/liebster-award-1.html

    BalasHapus
  36. wah sudah lama rasa nya tidak berjumpa, maaf yah baru bisa mampir lagi ke blog sobat....

    BalasHapus
  37. hadir kembali sob untuk menyambung tali silahturahmi....

    BalasHapus
  38. ini KKN apa sih? kog ada acara nangis2an segala *penasaran

    BalasHapus
  39. ijin menyimak ya, terima kasih...

    BalasHapus
  40. http://curhatz.blogspot.com/ : setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan.. hemmzz semua pasti merasakan

    BalasHapus
  41. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...