21 Mei 2012

STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku

Alhamdulillah rekan sekalian akhirnya saya sampaikan juga niat hati untuk menuliskan keberadaan kampus saya selama bebrapa tahun ini saya menuntut ilmu. Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman al-Hakim (STAIL) Hidayatullah Surabaya, secara struktur di bawah Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (PPH) Surabaya. Beralamat di jalan Kejawan Putih Tambak VI surabaya timur. Kalau dilihat sebenarnya pondok ini adalah cabang karena tidak mungkin dibilang hidayatullah pusat surabaya, karena pusat pesantren Hidayatullah ada di balikpapan kalimantan timur.
Tapi entah kenapa badan pengurus nampaknya tidak pernah mengatakan PPH Surabaya ini adalah cabang atau ranting Hidayatullah, itu yang menjadi pertanyaan saya selama ini, yang saya
tahu mungkin karena sudah terdaftar secara resmi tanpa nama cabang. hhhhhmmmm mungkin,,
Banyak hal yang saya rasa di sini anamun bannyak juga yang menbuat hati saya miris namu itu semua adalah sebagai pembelajaran untuk kehidupan di dunia dan juga di akhirat bagi yang memiliki kepercayaan seperti saya sih. STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.

ada beberapa hal yang berbeda dan merupakan ciri khas dari kampus saya yaitu:
  1. Sholat yang Utama, di kampus hidayatullah ini sangat diutamakan untuk sholat 5 waktu bahkan dari pengurus memberikan kebijakan bahwa siapa yang tidak melaksanakan sholat 5 waktu di masjid tanpa alasan yang syar'i (rasional) maka akan dikenakan sangsi, hingga sekarang hal itu masih berlaku rekan sekalian, bahkan juga untuk tamu yang hadir. Tapi koks para pekerja bangunan tetang ngecor disaat adzan dikumandangkan ya, heran saya. STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.
  2. Dilarang Merokok, sudah pasti barang ini dilarang berada disini apalagi para murid bahkan mahsiswa yang merokok secara terang-terangan, dikarenakan Hidayatullah sendiri yang sepakat bahwa merokok haram dikarenakan banyak hal negatifnya jadi sangat tidak diperkenankansiapapun merokok disini.Tapi kurang tahu saya bagaimana mekanismenya untuk pekerja bangunan (tukang bangunan lagi). hehehhee  STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.
  3. Suasana Islami, karena ini adalah kampus yang menerapkan dasar-dasar pedoman Al-Qur'an & Sunnah maka untuk suasana kampus ditekankan agar seluruh insan yang berada di kampus ini menerapkan budaya islami seperti busana yang sesuai dengan syari'at islam, pergaulan perempuan yang tidak kelewatan, kegiatan yang islami juga pergaulan anak-anak yang sesuai dengan peraturan yang ada. termasuk jika bermain bola atau bulu tangkis dilarang menggunakan celana pendek kentat seperti di film-film gitu, kecuali anak ustad yang masih kecil tidak apa-apa, juga terutama mahasiswa yang di kamar tidak menggunakan baju, harap bajunya digunakan karena kwatir tomcak masih berkeliaran di sekitar kampus.  STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.
  4. Iklim Keilmuan, karena ini adalah kampus dimana pendidikan dari tingkat bawah sampai perguruan tinggi berada dan dari formal, informal juga nonformal menjalani aktivitas disini maka hari-hari disini selalu berusaha dibentuk iklim keilmuan agar selalu tertanam bahwa menuntut ilmu itu dari dalam kandungan sampai alam kubur kelak, STAIL sendiri sempat beberapa tahun menerapkan untuk seluruh mahasiswanya untuk menggunakan bahasa arab dan inggris dalam dialog sehari-hari agar terasah kemapuan bahasanya sehingga ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri tidak canggung lagi dengan dua bahasa internasional ini. STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.
  5. Budaya Salam, ciri khusus untuk pesantren hidaytullah adalah ucapkan salam ketika bertemu saudara seiman, dan ini sudah diterapkan di pondok ini, namun untuk beberapa kasus karena kesombongan yang masih tersisa di hati jadinya enggan mengucapkan salam, ada juga murid SD, atau SMP yang belum mengenal kakak kelasnya sungkan untuk mengucapkan salam, begitu juga sebaliknya kakak mahsiswanya melakukan hal yang sama. STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.
  6. Kampus Peradaban Islam, untuk kedepanya kampus ini masih terus dibenah untuk mencapai tujuan menjadi kampus peradaban islam namun untuk saat ini masih sebagai miniatur peradabai islam, diharapkan kedepannya benar-benar kampus peradaban islam yang menerapkan sistem-sistem peraturan agama islam. STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.
 Rekan sekalian itulah sekilas coretan singkat dari  STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku.  sebenarnya banyak sih yang ingin ditulis tapi lain kali saja soalnya ini mau jalan-jalan dulu, lumayan untuk refreshing dan silaturahmi. hehehee

90 komentar:

  1. kok alamatnya gak disebutin bro :) btw sukses buat kampusnya moga tercapai visi dan misinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdah dicantumkan alamarnya bos,, thanks ya

      Hapus
  2. Wooooow.. kampus yah. masa2 itu sudah lama berlalu bagi diriku huhuhuuu... *galau

    BalasHapus
    Balasan
    1. tp itu mmberikan plajaran yg berarti kn mba mila,,, slmat berjuang,,

      Hapus
  3. hampir sama tuh masbro sama kampus saya IAIN, cuma ada perbedaan dikit sih, apalagi penggunaan bahasa Arab Inggrisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nampaknya sbenarnya sama namun dtmpan agan ga bnyak yg gunakan, klw kami di sini sebagian sdah mewajibkan,,, hehehee thanks bro,,

      Hapus
    2. iya tuh.. soalx masih berbenah kampusnya kayaknya. Soalnya salah satu institusi negara. Setau ane yang paling mengaplikasikan program yang diatas ya fakultas Ushuluddin.

      Hapus
    3. tp ini bkan fakultras ushuluddin sich, tp komplek pon-tren hidayatullah mas,,
      jalan2 kesini,,,

      Hapus
  4. mas broo,.. Semangat berjuang,,Never Give Up... sebentar lagi UAS,gmana sudah belajar apa blm,,, Have a nice Dream,,Ok!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas bro,,
      sambil OL sambil blajar ne mas bro,,,

      Hapus
  5. jadi ingat masa MTs dulu..heee

    salam kenal selalu
    turut mengundang rekan-rekan blooger
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit

    Salam Bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada apa mas bro dgn mas mts...?

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. sukses untuk kampusnya ya arra...kampus yang bernuansa islami insya allah bisa mendidik generasi penerus yang berakhlak mulia ya....salam kenal arra....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mba,,
      trimaksih ya mba,,,

      Hapus
  8. semoga sukses selalu,... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mas bro, thanks yach,,,

      Hapus
  9. program dan ciri khas kampusnya bagus banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan2 mas bro ke kampus ane,,
      ayo,,,

      Hapus
  10. Lanjutkan saudaraku, selain kampusnya bersih dari rokok juga Islami..

    BalasHapus
  11. saya tersentuh dengan postingan diatas
    yang mengulas tetang budaya salam

    memang sekarang budaya salam sudah mulai terkikis
    semoga sekolah2 lain bisa menirunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAMIIIIN,, semoga bisa istiqomah ya sob,,,

      Hapus
  12. megah ya kampusnya,.terima kasih infonya.
    follback sukses sob.

    happy weekend

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah itu cuman salah satu bangunan saja mas bro,,,

      Hapus
  13. maaf baru bisa mengunjungi balik sekarang :D
    wah.. artikel yang bermanfaat :D
    Disini templatenya bagus & Artikelnya juga Berkualitas :D
    kalau diberi umur panjang aku akan datang lagi kesini :)



    #Semoga Rezekinya Lancar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAMIIIN,,
      thanks banyaksob, smoga juga anebegitu buatente n ente dberikan rezeki yg banyak penuh manfaat,,,

      Hapus
  14. sekalian promosi ini .. hehehe,,, ya baguslah, kalo ada kebaikan sampaikanlah walaupun hanya sepatah kata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar bgt sob, karena kebaikan itu walau sedikit tp sangat bermakna,,,

      Hapus
  15. wah calon ulama wajib masuk sini nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. IngsyaAllah bang, kita semua kan ulama jika kita mencari dan mngamalkan ilmu,,,
      heheehee

      Hapus
  16. sukses sobat untuk kontes Seonya, kalau saya ikutan kira-kira bisagak sobat walaupun saya bukan Mahasiswa Stail Hidayatullah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee pngen ikut ya,,? jd mahasiswa sini dulu sobat nanti kita bisa blogging bareng kut seo ini, hehehehee
      sayangnya peraturannya hanya untuk mhasiswa yg masih aktif mas bro,,,

      Hapus
  17. Mantap sob.. Ane juga pernah ke kampus satu ini.. Tapi di depannya doank..hihi.. salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. diluar ya mas, jgn2 mencari saya lagi tp gak ktemu,, jgn diluar dong masuk aja sekalian cari saya didalam,, heehheee

      Hapus
  18. wah kampus idaman tu..
    salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyamasbro,,,
      salamb kenaljuga ya,,,

      Hapus
  19. kampus yang keren...yang bgusnya adalah dilarang merokok

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masbro,,memang yg selalu dujaga disini adalhasap rokok yg sembarangan berada disini,,,
      thanks sobat,,,

      Hapus
  20. semoga dari kampus ini akan muncul generasi2 yang siap membuat perubahan ke arah yang positif sob, sukses selalu buat sobat dan kampusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAAMIIIIN,,
      thanks byak ya sob,, semoga doanya terkabuldanjuga yg mendoakan diberikan kebaikan yg seribu kali lipat,,,

      Hapus
  21. jadi inget masa di kampus...
    ya, semoga dari sana kelak hadir penerus bangsa yang mumpuni dan paripurna. negara ini rindu pemimpin yang benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw teringat dan kangen kunjungi kampusnya mas,,
      AAAMIIIIN,,,
      doa nya baik bgt,,
      semoga terkabul,,

      Hapus
  22. tes... komen susah masuk nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah koks mas,,,
      hehehheee
      jgn panik ya,,

      Hapus
  23. Tidak seperti kampus-kampus yang sebelumnya saya tahu, di kampus ini dilarang merokok. Bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas memang dkmpus ane dlarang merokok tp ada beberapa yg kdang dmaklumi karena beberapa faktor diantaranya ga tahu praturan, orang gila yg selalu dmaklumi dll yg boleh merokok,,

      Hapus
    2. Yah namanya orang gila!

      komen dikit sambil nunggu yang baru sob

      Hapus
  24. ne baru hal yang positif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga istiqomah mas bro,, thanks yach,,

      Hapus
  25. semoga jadi kampus yang mewarisi ladang ilmu, dan pelajar yang bermanfaat untuk umat =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAMIIIIN,,,
      terimakasih bgt ya mas bro,,
      semoga konsisten,,

      Hapus
    2. ih koks bsa beda tulisan beda foto dr koment di atas mas uzay,,,

      Hapus
  26. wahhh, manteb nih sobat,m bisa jadi referensi buat saya yang baru mau masuk kuliah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya bang dayat bagus tuh,,,
      nanti kita bertemu disini klw sampean ksini,,
      hehehee kita ngeblog bareng sob,,,

      Hapus
    2. hehehe, bener banget tuh sob, bisa ngeblog bareng kita
      hehehe, semoga saja yah :))

      Hapus
    3. yg pntg jgn klewatan ngblog aja smpe lupa makan n mandi,,
      pa lg lupa nama sndiri siapa,,, heheee

      Hapus
  27. pengen kuliah disitu
    tapi, gak punya biaya. jadi bikin usaha aja hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga mahal koks mba kul disini,,
      terjangkau untuk kalangan blogger kya ane decch,,
      hehehe
      tp klw mba disini kita ga bisa bertemu mngkn hanya lwat dunia maya saja, dgn si maya saja ga boleh krna bkan mahram,,

      Hapus
    2. hehehehe
      ada gak ya kuliah secara online soalnya aku baru lulus thun ini???

      Hapus
  28. Gedungnya bagus sob
    salam kenal n sekalian izin follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya smoga orangx lebih bagus dripada gedungnya bos,,,

      Hapus
  29. kuliah dapet ilmu dunia dan akherat ,, hhmmmm ,, semoga kampus ini makin maju dan dikenal banyak orang sob .. aamiin ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAAMIIIIN,,
      thanks bgt ya sob,,,

      Hapus
  30. Mungkin karena tukang-tukangnya dianggap bukan bagian/keluarga kampus maka luput dari penerapan aturan. Gak ada salahnya yg melihat ini menegur langsung, gimana? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang hal itu sudah dilakukan setiap ada tukang yg melanggar aturan namun bagaimanapun namanya juga manusia cenderung mengikuti egonya jadinya,, merokok lah apa lah dilingkungan kmpus,,,

      Hapus
    2. iya bang hal itu sudah dilakukan setiap ada tukang yg melanggar aturan namun bagaimanapun namanya juga manusia cenderung mengikuti egonya jadinya,, merokok lah apa lah dilingkungan kmpus,,,

      Hapus
  31. Mungkin karena tukang-tukangnya dianggap bukan bagian/keluarga kampus maka luput dari penerapan aturan. Gak ada salahnya yg melihat ini menegur langsung, gimana? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang hal itu sudah dilakukan setiap ada tukang yg melanggar aturan namun bagaimanapun namanya juga manusia cenderung mengikuti egonya jadinya,, merokok lah apa lah dilingkungan kmpus,,,

      Hapus
  32. persiapan matang guna menghadapi kerasnya dunia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. juga kerasnya dunia dan akhirat,,
      thanks bang,,,

      Hapus
  33. Seandainya Kapus di atas di gabungkan Menjadi ISlam dan IT mungkin sya berminat gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas bro sedang mnuju ke arah sana, namun tidak melupakan apa yg menjadi dasar konsep kampus ini,,,
      nanti juga mas bro berminat klw dah semakin maju,,

      Hapus
  34. wui xD
    kereeen.. nyari ilmu dunia sekaaligus ilmu akherat,

    selamat menempuh jadi mahasiswa ya mas bro
    *jabat tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuh!

      Terutama bagian membudayakan Salam.

      Assalamu'alaikum, menurut Bapak Budi Darmawan, S.PSi, adalah salam yang elit. Karena, dari 6 miliar penduduk dunia, hanya 1,4 manusia saja yang mendapat 'hak' untuk menggunakannya, komplit sama pahala dan doa yg terkandung di dalamnya ;)

      Hapus
    2. @ayyan : oke selamat menempuh dunia pndidikan mba juga disana,,,
      jgn jbatan tgan nanti nyetrum, hehehee

      @diniehz : delapan,,,
      iya mba disini masih berusaha memberdayakan salam walalu kadang untk sbagian org baru masih dianggap asing setiap bertemu salam,,
      siapa tu bpak Budi Darmawan S. PSi, ane belum kenalan,,, salam kenal ya buat bpak,,

      Hapus
  35. ini nih yang susah jaman sekarang :O gak pada mau nyari ilmu akherat padahal penting banget T.T
    nyesel dulu waktu sd gak sekolah agama *curhat muehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn nyesal sob,,
      masih ada kesempatan nyari ilmu agama, salah satunya lewat blog sob,,,
      keep spirit aja dech,,,

      Hapus
  36. wah ini yang pertama ya gan, ane langsung baca yang kedua si. pantesan aja ga paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca juga dong mas yg pertama agar paham,,
      oke,,
      hehehehee

      Hapus
  37. semoga selalu istiqomah yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba,,
      trimakasih bnyak yach,,

      Hapus
  38. lagi ikut kontes SEO yah sob ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nich sob,,
      tp ane sebagai pemenang ke 10 wwkwkwkwkkk (bkan pmenang tu namax)

      Hapus
  39. benar2 kampus islami sob,,,
    btw di jalan mana ya kampus ini?
    saya dulu tinggal disurabaya ,, dan lulusan ITS di Sukolilo.

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
  40. Wah islam banget jadi pengen masuk kuliah islami juga ^^
    Follower no 96 ditunngu kunjungan balik ama follow backnya gan ^^

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...