14 Jun 2012

Mencoba Tenang Dalam Kepanikan

Rekan sekalian pastinya sudah sering dengan beberapa waktu belakangan ini terjadi berbagai kecelakaan transportasi yang menyebabkan kendaraan itu terbakan, seperti halnya bus yang sebagian besar penumpang tewas terpanggang di dalamnya, salah satunya bus jurusan dumai - kelok terbakar di kawasan kelok sembilan kabupaten Limapuluh kota, daerah sumatra barat pada hari selasa pagi 1 mei 2012, juga sebelum tragedi itu banyak kejadian lainya yang menyebabkan penumpangnya tewas ditempat kejadian dengan terbakar. Banyak hal yang menjadi penyebab kenapa mereka bisa terbakar ditempat ya, jika melihat waktu bus untuk terbakar cukaup lama beberapa menit untuk mengamankan diri, namun kenapa
para korban tidak sempat menyelamatkan diri. hinggabnayak yang terbakar di dalam bus.

juga banyak sekali kejadian yang menewaskan korban jiwa, tidak hanya kebakaran bus, kebakaran rumah juga yang seharusnya bisa mengamankan diri ternyata malah terpanggang, begitu juga orang tenggelam padahal bisa berenang dan menyelamatkan dirinya sendiri namun hasilnya nihil.
kita bisa mengetahui penyebeb dari beberapa kejadian diatas terjadi, salah satunya adalah dikarenakan PANIK yang tidak bisa dikendalikan dengan baik.
apa itu panik...?
Panik adalah bingung, gugup atau takut dengan mendadak sehingga tidak dapat berfikir dengan tenang,  berarti untuk menangkal kepanikan adalah TENANG dalam tindakan. seandainya para korban kebakaran di atas bersikap tenang disaat bus tersebut akan terbakan, dan melihat para penumpang panik berlari kesana kemari tanpa arti, dia bersikap tenang dan mencari jalan keluar dengan baik maka akan timbul hasil yang baik. disaat penumpang berlari kesana kemari, kunci bus macet tidak bisa dibuka, penumpang histeris terutama wanita, jangan panik dengan tenang kita pasti menemukan jalan, bisa dengan memecahkan kaca bus dan akhirnya keluar dari bus. karena keadaan darurat. begitu juga seorang yang ingin tenggelam di lautan, dan saya juga pernah mengalaminya. ketika dia panik akan tenggelam maka berat badanya akan bertambah, detak jantungnya semakin cepat, bingung ingin melakukan apa, akhirnya bukanya ketempat aman malahan berenang ditempat dan semakain tenggelam.

Bersikaplah tenang dimanapun kita berada, karena jika kita tenang banya ide dan pemikiran yang bermanfaat. begitu juga rekan blogger sekalian dengan berfikir tenang maka banyak ide yang bisa disampaikan lewat blogger rekan sekalian. mari kita bersikap tenang walaupun dalam kepanikan.

88 komentar:

  1. saya belajar untuk menjadi lebih tenang pada saat belajar renang..

    renang adalah suatu hal yang mengkombinasikan tenaga dan ketenangan.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt tu bro org yg tidak tnangsaat brenang, maka susah untuk berada di air,,
      thanks kunjungannya,,,

      Hapus
  2. memang rasanya akhir-akhir ini kecelakaan semakin sering terjadi yak..

    Ya bener intinya yang terpenting tenang, dan berpikir positip

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt blkangan ini bnyk terjadi kclakaan, slain ga tenang kadang juga kurang konsentrasi,,,

      Hapus
    2. atau karena faktor keegoisan segelintir orang yang selalu tergesa-gesa

      Hapus
    3. benar bgt bro, mklum lah klw sdah berada dlm situasi mencekam org pasti akan memikirkan dirinya sendiri untuk selamat maka muncullah keegoisan dirinya untuk mnyelamatkan dirinya sendiri, yg bawa anak bisa lupa anaknya dimana, yg pnting dirinya selamat,,
      bener bgt bro,,

      Hapus
  3. Ketenangan adalah hidup saya :) (Saya banget) bahkan setiap orang yg sudah kenal dgn saya pasti berkata "Kamu ini orang yg paling tenang yg pernah saya temui" haha

    Kadang saya dimarahi orang tua, saudara, teman atau kekasih karena terlalu tenang dlm hal apapun, tapi mau gimana lagi saya emang gak bsa klau gak tenang...

    Waktu GEMPA di Padang, saya sedang berada di dalam Plaza Andalas Padang saat bekerja, lucunya hanya saya sendiri yg tidak berlari keluar dari gedung dan menyaksikan orang² pontang-panting keluar beserta satpam :)

    Saya hanya senyum karena saya yakin Allah pasti ada jika kita selalu mengingatnya :)

    Follow Back yow :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane juga pngen tu kya ente hidup tnang, cz kdang juga ane berlaku pank dalam hal tertntu,,
      ane harus bljar nyak sma ente ne mas bro,, thanks bwt kunjungannya ya,,,

      Hapus
    2. Sama² sobat..
      Intinya kita tidak boleh berfikir negatif dan jangan cepat ambil tindakan.. Usahakan utk melawan ketakutan dan berfikirlah bahwa kita pasti bisa menghadapi apapun yg menghadang itu.. :)

      Hapus
    3. wah keren bgt,,,
      ternyata seperti itu ya yg bagus,,
      ane coba dech ntar lgsg praktek dgn anjing tetangga,, klw dkejar panik aja,, heehee
      thanks sob,,

      Hapus
  4. bnr bgt sob dalam keadaan sesulit apapun kita tetap harus TENANG,
    iji follow blog nya sob #56, di tunggu follback nya...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi saat hunting gambar ya sob, pentingbgt namax tenang,, klw ga tnang ga jd dech tu gambar yg amazing,,,

      Hapus
  5. Bukan hal yang mudah memang untuk tetap tenang ketika kita dalam situasi sulit yang membahayakan diri kita, saya pernah mengalaminya juga saat ikut rafting dulu, saat perahu terbalik dan tenggelam saya malah panik dan ndak bisa berenang..untungnya masih ada jaket pelampung..selamat deh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Sukur mas bro bisa selamat, memang disaat yang seperti itu sangat sulit untuk tetap tenang dan tidak panik,,
      selallu kita latih diri kita untuk tenang dan jagan sering panik, juga panik ga baik bagi orang yang ada di sekitar kita,,,

      Hapus
  6. bersikap tenang itu memang tidak mudah bagi sebagian orang, tapi yg dri pengalaman ane, selama kita selalu berdoa sblm beraktifitas insya Allah, kita akan selalu siap menghadapi situasi apapun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas brobner bgt dgan kita berdoa maka kitayakin Allah SWT akan menjaga kita dan semua akan berjalan baik2 saja,,, thanks bwt kunjungannyagan,,,

      Hapus
  7. boro boro dalam kepanikan
    dalam ketenangan saja teman teman kita jarang mau antri dan lebih suka berebutan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahhaa itulah mas bro kebiasaan buruk yang seharusnya tidak terjadi pda lingkungan masyarakat kita, miris lihat yang sperti itu,seakan ga pnyahati pdahalmereka punya,,,

      Hapus
  8. emank agak susah sob mengontrol emosi saat suasana gawat.., butuh latihan2 khusus kali ya.., thx sharex ya sob.. *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bro latihan khusus itu yg kadang harus dengan perasaan khusus agar kita menjadiorang khusus yang bisa bersikaptenang dalam kepanikan,,,
      thanks sob.,,,

      Hapus
  9. Dengan tenang kita jadi berpikir tentnang apa yang akan kita lakukan, so bisa bersikap tenang itu yang harus kita pelajari, soalnya itu sangat sulit sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bro benar bgt sangatsulit tp kalaukita bisa tenang itu sangat membantu kita,,,
      thanks sob atas kunjungannya...

      Hapus
  10. Terima kasih sahabat atas berbagi tipsnya nih dalam mengatasi dan mencoba tenag bila kita dalam keadaan panik. Terus terang saya seringkali tidak kontrol kalau dalam keadaan panik sahabat.
    Tipsnya ini akan sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa mengontrol kepanikan menjadi tenang ya sob, salam sukses saja,,, thanks atas kunjungannya...

      Hapus
  11. seperti putus cinta,
    pasti panik luar biasa,
    pikiran sedih dan merana,
    lalu berpikir dg tenang walau lara,
    dan tenang tenang aja,
    bersambung kembali akhirnya,
    malah semakin indah dirasa…

    hehe…

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kerenbgt sajaknya mba anisayu, thanks luar biasa ya,,
      sya kurang terlalu bisa sich buat yang seperti itu lagi,,
      tp lain kali akan saya buatkan juga dech,, hehehehee

      Hapus
  12. Sangat setuju dengan postingan ini. Harus bersikap tenang. Kejadian di bus yang terbakar dan banyak penumpang yang panik akkhirnya mengakibatkan memakan korban yang banyak. Penumpang tidak bisa keluar karena berebut ingin keluat duluan, akhirnya numpuk di depan pintu tanpa ada yang bisa menyelamatkan diri ( keluar ).

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas bro saya setuju dengan mas bro, sepeti itulah yang terjadi dan semoga kita bisa tenangdisaat orang2 pada panik tak terbendung,,, thanks mas bro,,,

      Hapus
  13. Sedikit sama dgn ceritanya Mas Syaifullah Arifin di atas, waktu gempa di Bantul 2006 lalu, juga ada kisah lucu. Grrrdddduuukkk gggdddrrrddduuukkkk... terdengar suara gemuruh. Secepat kilat teman saya melompat dan menerjang kaca jendela hingga pecah. Secepat kilat jg dia berlari, tnpa ia sadari kakinya penuh darah. Dia Panik! tmn2 yg lain buru2 mengejarnya. "Lan, (Dahlan), itu td bukan gempa. tp suara truk yg melintasi samping kos2an kita," papar kami. Hadeeuuhh...sdh telnjur luka, trnyta bukan gempa. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kasihan mas dahlan karena panik jadinya lupa diri dan ga sadar kalu itu bukan gempa, mgkin juga karena trauma pernah merasa jd korban gempa sich,,
      salam aja buat mas dahlan ya, jgn sering panikan aja,,,

      Hapus
  14. Bile dah terlalu panik susah nk fikir apa apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. that's right lady,, memang klw panik susah nak fikir apa2,,,
      salam ya bwt blogger malaysia,,,

      Hapus
  15. Bile dah terlalu panik susah nk fikir apa apa

    BalasHapus
  16. saya orangnya panikan nih, padahal dalam panik kita ga akan menemukan jalan keluar yang ada malah tambah masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. jd jagan panik lagi mba bisa bahaya nanti ga menemukan jalan keluar loh,,,
      thnks ya bwt kunjungannya,,,

      Hapus
    2. iya betul, cooling down sdikit pasti langsung nemu jalan

      Hapus
    3. karena itu kita harus tenang apa lagi blogging,,,

      Hapus
  17. tenang memang kunci utama untuk menyelesaikan segala permasalahan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benarsekali mas bro, jd jgn panik disetiap keadaan,,

      Hapus
  18. kalo saya orangnya lumayan panikan, emosian, makluuum, sanguinis ^^v

    Alhamdulillah setelah menikah, berhubung suami orgnya sangat tenang, saya pun bisa jadi lebih mudah tenang dalam kondisi yg biasanya saya panik :)

    *curcol :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw begitu saya juga harus menikah dunk biar tambah tenang ya,,,
      thanks ya kunjunganya,,

      Hapus
    2. yoi. ntar kalo dah nikah kabar2i saya ya ^^v

      Hapus
    3. Oh iya mba ingsyaALLAH,,, sbntar lg koks,,,

      Hapus
  19. Panik membuat kita tidak bisa berpikir secara rasional...bahkan ngga terpikir untuk bersikap tenang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena itu bro, obat panik ya bersikap tenang,, hehehe

      Hapus
  20. sepanik apoapun kalau kita bisa tenang pasti ada jalan keluar dari kepanikan tersebut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini yang jarang sekali, karena panik segalanya menjadi susah dan akhirnya ga berfikir rasional bro,,

      Hapus
  21. Dengan panik segalanya akan semakin galau, khawatir,,
    hatipun ikut tak tenang,,
    pikiran juga akan kalut terbalut oleh yang namanya PANIK
    bagaimana caranya menghadapi kehidupan seperti itu.
    Hanya berpasrahlah (Tawakal) kepada Allah hati akan tenang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane setuju bgt bro,,
      hati akan tenang jika dipasrahkan/ihlas karena Allah SWT,,
      kalau orang beriman tidak ada lagi istilah galau karena selalu ada hiburan yang hanya bisa didapat oleh orang yg tawakkal kpada Allah,,,
      thanks mas bro,,,

      Hapus
  22. bener banget. jangan pernah panik.

    alhamdulillaah saya bisa tenang jika menghadapi situasi serumit apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,,,
      saya harus banyak belajar ni,,,

      Hapus
  23. kunjungan balik sambil follow#64.. yah dah nulis panjang - panjang ilang.. jd lupa lg deh.. ya dah yang jelas nice post & nice blog.. happy blogging.. sobat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih banyak dech sobat dah berkunjung, lain kali saja nulis panjang2 lagi tp jagan terhapus ya,, hati2,,,
      thanks mas bro,,,

      Hapus
  24. inspirasi malam...
    semangat kawan.
    Kunjungan blogwalking.
    Sukses selalu..
    kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam bahagia mas bro tanpa Indonesia tanpa panik,,
      semangat juga mas bro,,,
      ya saya akan berkunjung koks,, ;-)

      Hapus
  25. Bersikaplah tenang dimanapun kita berada, karena jika kita tenang banya ide dan pemikiran yang bermanfaat. begitu juga rekan blogger sekalian dengan berfikir tenang maka banyak ide yang bisa disampaikan lewat blogger rekan sekalian. mari kita bersikap tenang walaupun dalam kepanikan.

    kalo gak bisa, ya deket" aja sama temen yang tabiatnya nenangin yah. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas bro bener bgt tuh,,
      berarti blogger wajib punya sifat tenang agar setiap saat bisa blogging dengan ide2 yg cemerlang,,
      ane setuju klw ga bisa deket ma tmen yg bisa nenengi jiwa gt,, pasangan hidup gt ya,,

      Hapus
  26. Betul bgt sob. Jika panik pikiran kita menjadi buntu dan tidak bisa melakukan apa apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia point yang ane maksud,,
      thanks banget atas kunjungannya sob,,

      Hapus
  27. bener nih, ketenangan dalam menghadapi sesuatu akan membuahkan hasil yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang dayat,, ane setuju,,,
      thanks ya kunjunganx,,

      Hapus
  28. Kunjungan pagi sobat. Met beraktifitas ya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. met aktivitas juga sobat,,
      thanks ya atas kunjunganx,,

      Hapus
  29. Intinya kita harus berusaha tenang dalam kondisi darurat apa pun bukan begitu sobat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt sob,,
      ane stuju bgt dgn ente,, thanks yach,,

      Hapus
  30. bener sob, panik ketika dalam masalah akan menambah masalah yang baru..nice sharing

    follback sukses #65

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener bgt mas bro,,,
      itubahaya malah nambah masalah baru,,,

      Hapus
  31. tenang bisa membuat ide banyak ide,,
    kunjungan pagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ide untuk berkarya di blog ya sob,
      thanks atas kunjungannya,,,

      Hapus
  32. baru bisa bales knjungan sekarang kang...
    iya benar bngt Ketenangan akan memberikan pemikiran yang positif... :)
    tapi untk kecelakaan itu msih ada kemungkinan laen kang, kali aja saat itu mereka kejepit jdi samasekali gk bisa bergerak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar juga sich kecelakaan itu masih ada kmungkinan kecil, kejepit karena ga bisa bergerak,, tp klw dlm keadaan kjepit begitu dan ditambah panik wah tambah parah lagi keadaan,,,
      thanks ya sob,,

      Hapus
  33. Tapi panik juga adalah mekanisme pertahanan diri lho... Itu refleks, tinggal bagaimana dikendalikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya masbro bener juga sich seperti itu,, ane juga stju dr segi negatif sbnarnya ada positifnya juga,,,

      Hapus
  34. kembali lagi untuk berkomentar sedikit,, memang kepanikan membuat seseorang kehilangan kesadarannya sob,, ini sangat berbahaya.. apalagi jika dalam suatu musibah contoh saja bencana alam dsb, kepanikan bisa mengakibatkan sesuatu yang fatal, namun menurut saya semua itu kembali kepada allah,, jika orang yang banyak berdo'a dan banyak mengingat allah maka dia tidak akan mempunyai rasa panik.. karena ia merasa semuanya kehendak allah.. maaf jika komentar saya agak menjurus ke agama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak juga ga papa sob,,,
      iya bener bgt sob,,
      ketika seseorang tidak menyerahkan segalanya kepada Allah maka kecemasan akan berbaur dgn kepanikan jdx keadaan semakin kacau jadinya,,
      ga papa bro menjurus ke agama, dgn jurus seribu byangan,,, :-D

      Hapus
  35. Don't be panic, Sob! Apalagi Panic at the disco! Bisa2 keinjek ama pengunjung laennya! Bhahaha

    panik dlm musibah atau bencana itu kan biasa? Tapi tenang dalam kpanikan itu yg luar biasa! ;-) *cmungudh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehee panic at the disco, dmna bang,,? klw disco di indo mah bisa keinjek cz yg disco dangdut koplo sich jdx koplo smua pngunjungnya,,

      ya sangat jrang yang bisas tenang dalam sebuah musibah yang dmna org2 pada sbuk dan panik,,,

      Hapus
  36. Masya Allah ngeri betul yaa, bisa terpanggang dalam bus.. nah, ini juga hal yang sulit untuk tidak panik saat kejadian begituan.. saya sendiri mungkin termasuk yang mudah panik juga. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saja juga mudah panik, tp kalau dilatih untuk tetap tenang maka akanterbiasa tenang soabat,,
      thanks ya atas kunjungannya,,,

      Hapus
  37. tetap tenang dalam kondisi apapun sehingga bisa berfikir tenang mencari solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. termasuk mencari solusi saat blogging sobat,,, ;-)

      Hapus
  38. Mampir lagi sob. Ditunggu postingan baru nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada bro yang baru rasa jeruk,,,

      Hapus
  39. berkungjung lagi :)

    *dari pada tidak meninggalkan jejak sama sekali.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mas bro,,
      lebih baik kalau meninggalkan secangkir tehdan sekeratroti,, hehehe

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...