23 Jun 2012

Kuliah Tidak Berguna

Rekan sekalian apa kabar semoga kalian baik-baik saja, yang lagi bekerja, yang lagi nyantai dengan keluarga, yang penganten baru selamat berbahagia,  juga yang belum jadi penganten selamat belum jadi penganten saja nikmati masa lajang dengan penuh tanda tanya kapan kesendirian ini berakhir, (hehehe nyindir diri sendiri)  atau yang lagi kuliah selamat befikir keras saja untuk masa depan dan selamat menjadi mahasiswa dengan resiko yang menghadang.

Mungkin rekan sekalian yang lagi kuliah sedang bingung untuk apa saya kuliah...? untuk bingung dibangku kuliah dan hanya sedih di taman, atau untuk tempur dengan pesatnya perkembangan zaman, atau untuk jadi korban dosendan  teman seperjuangan yang mengamuk karena urusan pribadi dan semuanya dimakan.

kalau melihat judul diatas mungkin rekan sekalian ada yang mengkerutkan dahi,
bahkan ada yang yang tidak setuju tapi sebenarnya itu hanya pemancing rekan sekalian agar mengeluarkan imajinasinya dan memanggil memori jangka panjang yang tersimpan di otak bawah sadar atau yang masih tertinggal di tempat tidur atau juga tertinggal di bangku kuliah, sebenarnya judul diatas adalah ungkapan dari dosen saya, dia kuliah di sukabumi dalam waktu 2 bulan dapat gelar sarjana starata satu. cepat banget bukan karena dia pintar bukan main tapi dia nembak ijab sah gitu ceritanya, seharga ** juta sobat, tapi apakah yang seperti itu namanya kuliah, bukan menurut saya, malah yang seprti kadang menyusah kan diri sendiri di kemudian hari tapi adabaiknya juga sich menurut dosen saya tadi. katanya seprti ini sobat:
"kuliah itu menunda pengangguran kita selama beberapa tahun, jika kita lulus kita langsung nganggur padahal kalau kita pangkas beberapa tahun itu untuk berkarya maka karya kita lebih baik dari teori yang kita cari di bangku kuliah selama beberapa tahun itu"
ini lagi sobat:
"jika ilmu yang kita dapatkan dalam 4 tahun itu sama dengan membaca buku selama 2 bulan non stop 24 jam maka, buktikan siapa yang lebih cerdas, jadi kita hanyabutuh ijazah saja untuk diakui dalam dunia formal yang penuh formalitas"
 wah jadi mikir juga saya dengan hal itu tapi sebenarnya kuliah itu output-nya untuk sebuah pekerjaan atau menambah pengetahuan agar kita menjadi manusia yang mulia, bahkan ada orang yang tujuannya kuliah untuk sebuah pekerjaan. ketika ditengah perkuliahan dia mendapat pekerjaan yang menjanjikan maka kuliahnya ditinggal. padahal dia belum selesai kuliah. seperti Bil Gates dan juga Steve Jobs yang DO dari kampusnya ternyata mereka sukses besar. jadi tujuan kuliah rekan-rekan sekalian untuk apa:
  1. Pekerjaan
  2. Insan Mulia
  3. Mendapat Ijazah
  4. Mengasah Kemampuandalam bidang Tertentu
  5. Mencari Relasi sebanyaknya
  6. Menambah Pengalaman
  7. Dipaksa Orang Tua
  8. Gengsian
  9. Ikut Trand masa kini ga kuliah ga gaul
  10. Mengabdikan Diri Sebagai Khalifah di muka bumi
  11. Nganggur
  12. Mencari jodoh
kalau masih bingung ya berfikir dengan tenang dan jangan panik, pasti rekan-rekan semua punya alasan kenapa sampai bisa duduk di bangku perkuliahan, atau ada juga yang masih sekolah maka akankemana sobat nanti. sudah ah capek saya berkicau. Kalau menurut rekan semua seperti apa...?

100 komentar:

  1. bagus ni
    http://beenero11.com?id=yudha
    jangan lupa gabung yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya spam gan, ga nyambung kan?

      Hapus
    2. thanks mas bro, ane baru tau maklum newbie,, heheh

      Hapus
    3. saya masukin komen koq susah masuk ya...
      jangan-jangan masuk spam juga

      Hapus
    4. iya mas maaf,,
      ternyata masuk spam,, hehehehee
      tp sdah aman n terkendali koks,,

      Hapus
  2. kuliah yang jelas sering mbolos hehhe
    mencari ilmu dan wawasan, masalah rejeki urusan Yang Di Atas
    tujuan sebenarnya
    nomor 12. ???
    mencari jodoh
    .. meskipun belon ketemu hehehe;

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh klw gitu ane edit gan mencari jodoh,,,,,,,,,

      Hapus
  3. iia kang.. kalu outputnya kek gitu sii.. ea bener.. sampe yg namanya sekolahpun gag guna buat saiia :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karen itu kita harus benar2 dalam melangkah kedepanya masbro,,
      karenabanyak fikiran disetiap pertimbangan,,,

      Hapus
    2. mampir lagi kang siang2.. sapa tau dapet es kelapa muda :p

      Hapus
    3. dapat es teler sob,,
      nanti es telernya ane kirim lewat email,, heheheee

      Hapus
  4. nah karena dulu saya mikirnya sampe dua tahun, makanya saat kuliah gak bingung lagi deh, udah yakin se yakin2 nya, hihihiy :D
    ayo pikirin lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane juga yakin nich walau kadang merasa kuliah klw gini2 aja ga berguna tp ada sisi lain yg bisa kita ambil klw kita memang berfikir sebagai mahasiwa sbnarnya,,,

      Hapus
  5. Saya suka banget dengan ide anda menulis artikel yang sangat membuat saya ingin berkomentar,, memang saya juga seorang yang ga kuliah.. bahkan mungkin ga tamat sekolah,, tetapi saya tidak malu dan akan terus ingin mempelajari ilmu yang bermanfaat,, namun adil kiranya jika kehidupan formal itu ada.. karena jika semua ga kuliah N ga ada ijazah, ga ada sarjana hukum, sarjana ekonomi dsb.. terus yang bikin buku untuk dibaca siapa..?? yang jelas menurut saya kuliah ataupun tidak.. kita semua mengharap hidup kita bermanfaat.. jangan kita jadikan kepintaran yg kita miliki sebagai alat untuk berbuat hal yang tidak baik.. begitu kiranya sob.. semoga komentar saya ini sedikit bener.. masalahnya saya waktu sekolah jarang masuk.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bijak bgt jawabanya sob ane senang degn argumen ente yang tepat baget seimbang dan berwibawa,, ya ilmu itu tidak hanya didapat dibangku kuliah saja namun juga dluar kuliah, nonformal ataupun informal,,
      jadi degn ilmu kita maka kita lakukan yang terbaik untuk siapa saja, salah satunya sebagi blogger kita harus menyampaikan hal baik melalui dunia maya dan mba maya,, hehee
      thanks mas bro,,,

      Hapus
  6. Banyak yang tamat kuliah masih ganggur...... makanya banyak yang bingung ya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pnting mas bro ga bngung aja,, itu sdah bagus,,
      sya juga bgung klw berada dlm posisi nganggur,,

      Hapus
  7. saya lagi nganggur nih lagi nunggu hasil snmptn tapi kata guru sosiologi saya di sekolah,pendidikan itu adalah sarana mobilitas sosial vertikal naik,lebih tepatnya social elevator.. hehe secara formal dengan pendidikan seseorang bisa menaikan strata di masyarakat.. hehe tapi emang banyak sih yang gak kuliah tapi sukses xixixii sebenernya sukses itu tergantung dari pola fikir manusia itu sendiri :D tujuan saya mau kuliah tu :dapat ilmu,pengalaman(saya mau ikut organisasi ehhe ),menikmati masa muda dengan hal yang positif,habis tu mendapatkan ijazah haha nice entry ini :D like like like

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terlihat betul dr argumentnya bhwa baru sja merasa bngku sekolah ya mba,,
      nampaknya ank sosial nich, teori sosialnya mngigit bgt,,
      memng mba krena jg mindset org di negri ini sperti itu semakin tnggi jnjang skolahnya maka semakin dihormati krena dianggap smakin cerdas n dewasa,, tp nampaknya juga ga sperti itu, masih harus kmbali kpda orgnya,,
      pkoknya nikmati semuanya dgn yg positif,,
      thanks mba,,,

      Hapus
  8. Mending masuk smk. Siap kerja. Gak perlu kuliah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga nich kaya iklan di tv aja, memang smk mencetak tenaga siap kerja namun juga selain bekerja kita harus siap menyalurkan ilmu baik kita kepada orang lain,,,

      Hapus
  9. Bener juga ya, gue juga nggak ngerti apa yang gue dapetin selama 4 semster ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sampai gitu gan, kalau ga ngerti tanya dung sama dosen mas bro jgn2 beliau menjelaskan n memperaktekkan kurang penghayatan lg,,

      Hapus
  10. Ketika ane duduk di bangku SMP,wali kelas bertanya:"Han,bapakmu lulusan sekolah apa?" Ane jawab;"Sekolah Dasar Pak!".
    Teman sekelas semua tertawa.
    Maka komentar ane,teruskan kreasimu,lanjutkan kuliahmu,minimal tidak membuat malu anakmu.
    Nice share sop,thanks ya,happy blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ente waktu itu ga malu kan karena sobat bangga dengan ortu sobat tentunya, maka akan kita lanjutkan kuliah walau berat terasa,,,

      Hapus
  11. saya bukan anak kuliahan, saya tau kisah Bil Gates...
    kesuksesan bisa dimiliki siapa saja tanpa harus kuliah ,,,
    ilmu itu seperti udara...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan anda sob...

      Hapus
    2. saya juga mas2 bro,,,

      Hapus
  12. Sesungguhnya belajar atau menimba ilmu itu sangatlah penting, tapi tidak lah menjamin seseorang menjadi pintar, coba lihat berapa banyak sarjana yg jadi pengangguran tanpa bisa berbuat apa-apa, jadi pas banget judul dan uraian admin di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan bnyak juga sarjana yang membuat ulah yang tidak seharusnya dilakukannya,, kepitaran tdak dijamin dari bangku kuliah namun dari diri yang bersungguh2 ingin menjadi pintar,,

      Hapus
  13. wah kalau saya mah kuliah untuk menimba ilmu gan, masalah hasil itu urusan belakang. klo kerjaan atau apa juga itu urusan rejeki, tapi yang penting adalah ilmu. bukan kah kita di perintahkan untuk mencari ilmu sampe liang lahat? tapi kita tidak di perintahkan untuk bekerja sampe mati? gitu kalau ane gan. klo ente? ehm, kayanya lagi bosen kuliah nie ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane ga bosan kuliah bang tp ane lagi pusing ne proposal skripsi ane harus direvisi lagi, ya bngung dech jadinya,,,
      ya memang kita wajib mnuntut ilmu, berarti kita dalam kuliah harus niat menuntut ilmu sebenar2nya gitu ya gan jgn niat untuk hal yg buruk,,,
      thanks ya atas masukanya,,,

      Hapus
  14. selama masih ada kemauan untuk kuliah dan ada biaya kuliah saja, dan untuk urusan nanti setelah setelai daat kerja atau tidak itu tergantung pribadi untuk mau berusha mencari kerja a ata membuka lapangan kerja untuk orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane juga setuju mas bro dengan hal itu, yang penting kesempatan yang sekarang harus digunakan degan sebaik2nya ya kan mas bro,,,
      thanks ya,,,

      Hapus
    2. betul banget sobat, kesempatan hanya datang sekali sekali, jadi gunakan kesempatan yang ada untuk menggapai apa yang kita inginkan

      Hapus
    3. itu dia yg ane maksud,,
      kesempatan yg ada digunakan sebaik2nya,,
      jika tdak dmanfaatkan makan hanya penyesalan yg hadir dibarengi kesedihan,,,

      Hapus
  15. Kunjungan perdana..kalau masih ada keinginan kuliah saja sob,moga saja biayanya lebih dari cukup..amien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat datang di blog ane sob,,,
      bisa juga pintar2 cari peluang beasiswa sob di internet atw di media lainnya,,,

      Hapus
  16. our standard now too damn high, bro..
    good living, good job, good wife, always want some good.
    things that i have learnt from humanity.
    "Want to be good"

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeah everything gotta good bro, but we can make it balance with our capability,,
      cs human is better person that Allah made,,
      don't give up n keep struggle,,,

      Hapus
  17. Balasan
    1. ini dah komen,, knpa mas bro,,,

      Hapus
  18. Bisa jadi, alasan tiap orang ada dalam beberapa poin di atas. Yang harus diingat, tak ada yang sia2 dalam sesuatu yang baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini ane suka, karena semua diciptakan dengan sempurna dan yg sempurna itu pasti baik sob,,,
      jadi kita selallu mnjadi yg terbaik salah satunya degn ngeblog,,, heheheee

      Hapus
  19. wahhh.. manteb nih sobat :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha,,, komennya seperti
      Iklan Jualan obat...wjkkakaka :D

      Hapus
    2. jagan2 dia memang pnjual obat,,,

      Hapus
  20. Hahah setuju banget sob ama kuliah itu hanya menunda pengangguan. xixixiix kayaknya bgitulah yangn terjadi ama saya.. kuliah hanya memikirkan kreasi gmana caranya saya harus bekerja.. saya dengan kuliah diberi waktu berpikir dan mengambil ancang2.. hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf bro dosen ane ga bermaksud nyinggung ente tp tetaplah berkreasi untuk hidup yang lebih baik dan indah,,,

      Hapus
  21. Wedeh kuliah lebih baik sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik kuliah dan dilaksanakan teori yang didapat dlm khidupan sehari2,,,

      Hapus
  22. kalo bapaknya lulusan SD, maka usahakan minimum anaknya lulus SMP.
    kalo bapaknya lulusan SMP, maka usahakan minimum anaknya lulus SMA.
    kalo bapaknya lulusan SMA, maka usahakan minimum anaknya lulus S1.
    kalo bapaknya lulusan S1, maka usahakan minimum anaknya lulus S2.
    kalo bapaknya lulusan S2, maka usahakan minimum anaknya lulus S3.

    Tapi ingat, cari ilmu bukan hanya di tempat2 formal,,,
    semua yg dihadapan kita, adalah ilmu ,,,

    tuntutlah ilmu sejak lahir sampai liang lahat,,,

    wilujeng ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw bpaknya doyan ngeblog gmna...?

      iya benar dari kita membuka matan menutup dan membuka lagi itu semua ilmu yang harus kita baca,,
      adanya alam semesta juga adalah ilmu yg diciptakan Allah buat kita semua,,,

      Hapus
  23. suka membaca disini
    salam dari Malaysia!

    ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam juga untuk blogger malaysia abang,,,
      saya akan berkunjung terus kesana,,,
      thanks yach,,,

      Hapus
  24. kebanyakan sekarang kuliah cuma jadi status aja yang ingin dipandang oleh masyarakat aja,
    itu semua tergantung keinginan dan kemampuan kita aja.
    jgaan banyak sarjana sekarang yang penganggurn karna hanya mengandalkan ijazah sedang kemampuannya belum dia ketahui,,

    nice infonya sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu juga salah satu tujuan beberapa orang karena ingin dipandang oleh orang lain, dan juga sebnarnya semua manusia ingin dipandang orang lain dengan baik,,
      namun caranya yang berbeda, ada yang kuliah ada juga yang tanpa kuliah,,,

      Hapus
    2. bener sob tergantung orangnya aja,,
      ada kemauan pasti ada jalan
      mau berusaha pasti jadi kaya hehehehhehehehe

      Hapus
    3. tidak hanya kaya saja, pintar, bahagia, sukses,,
      smua bisa didapat kalu berusaha dan berdoa,,
      ada kmauanada jalan,,

      Hapus
  25. Hai menuntut ilmu tak pernah ada yang salah toh.. =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai jg,,
      ga ada yg salh dgn mnuntut ilmu yg baik, malahan wajib dan mulia lg,,,
      dgn blogging kita jg mnuntut ilmu kn mas uzay,,,

      Hapus
  26. Saya pribadi kuliah utk memenuhi passion saya di bidang Bahasa Inggris :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya juga sdah dgar kn siaran mbak pke bhasa inggris, ngeri laju bgt kya org ingris bneran,,,
      ajarin dunk,,,
      hehhehee

      Hapus
  27. Saya kuliah karena ingin menambah ilmu dan wawasan, meski kuliah masih sebatas impian. Sekolah atau kuliah adalah salah satu cara untuk mendapatkan ilmu dan wawasan, tapi bukan satu-satunya karena yang seperti itu bisa kita dapatkan di bangku kehidupan. Betul? Jadi, bersyukurlah yang bisa kuliah ( apapun tujuannya, yang terpenting baik dan benar ) dan jangan berputus asa bagi yang belum atau tidak bisa kuliah, karena seperti yang disebutkan di sebelumnya, kita bisa mendapat banyak pelajaran di bangku kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt ustad Sekolah atau kuliah adalah salah satu cara untuk mendapatkan ilmu dan wawasan,
      tapi bukan satu-satunya karena yang seperti itu bisa kita dapatkan di bangku kehidupan.
      bahkan bisa jadi kuliahkita dibilang berhasil ataw tidak ketika kita lulus dr perkuliahan tersebut,,,
      thanks bgt yach,,,

      Hapus
  28. Hahaha part mencari jodohnya itu loh :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheee
      knpa sob, lagi nyari yach...?

      Hapus
  29. kuliah, pasti sebuah jalan dari rentetetan perjalanan hidup yang kelak akan memuliakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas bener bgt,,
      kuliah adalah sebuah jlan dr banyaknya jalan yg bisa mngantarkn kita mnjadi mulia,,,

      Hapus
  30. Semua itu tergantung pilihan masing2 orang tentang masa depan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pilihan kita mempengaruhi masa depan kita,,,
      termasuk pilihn mas cahyo,,,

      Hapus
  31. kembangkan terus ya,,
    oh ya jalan2 ke blog BEM ingsyaAllah ada info yg bermanfaat,,,
    wassalam,,

    BalasHapus
  32. hmm..

    saya malah sudah selesai kuliah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhhhhhmmmmmm

      sukses selalu mas ibnu,,
      smngat terus pantang mundur,,,

      Hapus
  33. saya malah cuman 3 semester, heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg pnting kita berusaha mnjadi yg terbaik bagi siapa pun.,,
      walau kuliah hnya smpe 3 smster tp prestasinya seperti org S3 bahkan lebih lagi,,
      semangt mba,,,

      Hapus
  34. Kunjungan pertama di blog ini, tolong dilike ya, artikel yg menarik semoga makin rame pagenya :)

    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mah bkan kunjungan pertama tp berkali2,,,
      isinya juga sama,,,

      Hapus
    2. Maksudnya kunjungan pertama di blog ini kk, skrg kan kedua kali jadinya hehe ^__^

      Hapus
    3. terus ja berkali2 ga papa,,,

      Hapus
  35. Kunjungan balik sobat , bagus ni jadi mikir sebenarnya tujuan kuliah saya pa ya hehe

    Kayaknya si buat cari kerja terus dapet duit banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya klw memang begitu sob lanjutkan yg pntg duitnya juga digunakan ke hal yg baik, klw bisa kasih sya aja baik koks,,,
      hehehee

      Hapus
  36. kuliah karena smua faktor yg udah di sebut di atas.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah komplit dong kalu bgitu,,, bgus bgt,,

      Hapus
  37. aq kuliah yg bisa langsung kerja..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu baru yg keren jadinya ga buang2 waktu, tenaga dan biaya,,,

      Hapus
  38. inilah mangkanya saya bingung ..
    kuliah banyak yg nganngur bahkan sama saja nasibnya n pola pikirnya dg mereka yg hanya lulusan SMA-SMK

    Klik Baca disini ==> Buat Apa sih Kuliah .

    BalasHapus
  39. mas bisa gak sy minta email rekomendasi publisher ibn??? jika berkenan sy berharap mas mengirim email ke muhakbarilyas1989@gmail.com Terimah kasih bantuannya mas

    BalasHapus
  40. Wah, bingung nih mau coment,soalnya jujur saya tidak pernah merasakan jadi anak kuliahan (terbentur pernikahan dini) Hhi^

    Kalau menurut pandangan saya, universitas memang di dirikan untuk mendidik & menciptakan manusia" yang berkualitas hingga mencapai level" tertentu & di sahkan dengan sebuah gelar yang sangat di perlukan untuk memperoleh jabatan atau kedudukan yang tinggi (baik di lingkungan masyarakat ataupun di lingkungan kerja.,

    Tapi apapun jalan & tujuannya , selama kita mempunyai niat & kemauan yang kuat kita bisa meraih apapun yang kita inginkan walau tanpa kuliah sekalipun.,
    Jadi semuanya sangat di tentukan oleh cara pandang, niat & bagaimana kita menjalankannya.,

    Dengn kata lain, tujuan merupakan hasil dari sebuah proses.,
    yang terpenting adalah bagaimana prosesnya itu sendiri, hingga tujuan yang kita inginkan (apapun itu) bisa tercapai dengan baik.,

    Maaf kalau nggak nyambung & ada salah" kata.,Hhe^
    Thanks.,

    BalasHapus
  41. judule kok Amazing? aku juga kuliah bro, tapi terkadang lek inget tentang banyak yang beli ijazah yoo miris sisan...

    salam arek suroboyo

    BalasHapus
  42. ga bisa lebih setuju dari yg bro satu ini anjrit serius kuliah itu gunanya cuman : buang buang uang sama waktu kalau gw coba jalanin usaha apa aja selama 4 tahun di kuliah PASTI uda jadi sesuatu it usaha kuliah is shit apalagi ngambil S 2 S3 keburu mati pas lulus

    BalasHapus
  43. RIf Salam sukses selalu,,oea jgn lupa berkunjung ke blog ane,,,n jgn lpa ya Follow hehehe

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...