19 Okt 2011

Masa Remaja Masa Indah

Jika rekan sekalian sekarang telah lulus masa SMA, MA, SMK, dan pendidikan sejajar lain sebagainya, atau mungkin telah berumur diatas 20 tahun pasti rekan semua telah melalui masa titik balik kehidupan dan semua seakan nyata. Atau rekan sekalian yang sekarang sudah dewasapasti pernah merasakan masa remaja, masa muda, atau juga masa puberitas, yang menurut ane masa itu adalah masa kita mengetahui segalanya dalam hidup kita yang sebelumnya kita belum tahu bahkan kita tidak mau tahu. Di masa ini juga para remaja banyak salah ambil arah untuk kehidupan kedepan yang lebih menantang.
Ane mau sharing nich beberapa hal yang pernah dilewati masa remaja, ya pastinya termasuk ane banget: 
  • Seperti yang dikatakan haji Roma Irama "Masa muda, masa yang berapi-api"  disaat remaja rekan semua akan merasakan rasa penasaran pada tahap tertinggi, semua ingin dilakukan bahkan sampai hal yang berbahaya sekalipun. Di masa itu juga rekan semua mengenal dan saling jatuh hati dan main perasaan dengan lawan jenis, mau dikatakan atau tidak perasaan itu rakan pasti merasakan ada hal yang lain dan indah walau berjalan beberapa saat tapi akan terkenang bisa sampai selamanya.
  •  Stamina yang full pasti dimiliki setiap remaja, karena itu tidak heran kalu remaja sering beraksi di stiapa kegiatan, bisa kegiatan positif bahkan negatif. Seperti kegiatan olahraga, demonstrasi, balapan motor, traveling bahkan ikut kelompok pecinta alam dan lain sebagainya. Kita juga harus ingat perkataan presiden indonesia bung Karno “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”dari perkataan itu kita tahu betapa besarnya peran remaja bagi masa depan negara indonesia ini.
  • Masa remaja cenderung baru mengenal segala hal termasuk baru mengenal bagaimana bertahan hidup di dunia ini sehingga tidak heran mereka melalukan hal konyol dan emosi sangat mudah meledak dan tidak terkontrol. Berawal saling pandang antara dua remaja saja bisa menyebabkan dua sekolah bisa saling serang dan bentrok.
  • Masa remaja sebagai periode pelatihan. Karena perkembangan masa kanak-kanak yang pernah dialami masih nampak dan belum dapat dianggap sebagai orang dewasa. Status remaja tidak jelas, keadaan ini memberi waktu padanya untuk mencoba gaya hidup yang berbeda dan menentukan pola perilaku, nilai dan sifat yang paling sesuai dengan dirinya. Jadinya anak-anak tidak dewasa pun tidak, masa yang menurut ane sangat terombang-ambing.
  • Mengenal cinta disaat remaja itu memang wajar, ada yang cinta tulus untuk Sang Pencipta tapi ada juga yang semakin dalam cintanya kepada orang tua mereka namun ada juga yang malah mengenal lawan jenis dengan sangat dalam bahkan kelewatan. Disini hal yang sering terjadi pada remaja, sehingga di zaman sekarang namanya pacaran atau mengatakan cinta adalah hala yang biasa padahal kalau kita lihat beberapa waktu yang silam namanya pacaran itu sangat riskan, namanya juga zaman mendekati kiamat.
  • Masa egois yang tidak ketolong adalah ciri dari remaja, ingin terbang tinggi tapi tidak memiliki sayang yang memungkin kan untuk terbang.
Sayang rasanya bila masa-masa remaja kita harus lewatkan tanpa kegiatan-kegiatan yang positif yang nantinya akan berpengaruh terhadap kehidupan kita dimasa mendatang. Tapi ketika masa remaja telah lewat, yang ane maksud adalah ketika ane selesai sekolah menengah atas, disinilah ane merasakan awal dari penentuan masa depan saya sendiri mau dibawa ke arah mana, apa mau jadi gembel atau sukses. Padahal pola pikir ini belum pernah muncul sebelumnya ketika masih sekolah.

Ane sering senyum simpul sendiri sekarang ketika menyaksikan anak-anak sekolah yang berkerumun dipinggir jalan entah mereka bolos sekolah atau pulang sekolah, rasanya ane jadi ketawa sendiri dan miris “Mereka Kelak Akan Jadi Apa..?”, sungguh berat rasanya ketika dunia yang penuh kesenangan yang belum memikirkan rasa tanggung jawab harus kita tinggalkan tiba-tiba harus dihadapkan oleh dunia yang sebenarnya harus kita jalani dimana sebuah langkah harus dimulai yang harus berebutan dengan ratusan ribu langkah lainnya serta satu sama lain mungkin akan saling menghalang.


Itulah seberapa sekelumit rekaman masa remaja masa yang indah, tentu rekan semua punya kisah sendiri yang sangat menarik bagi rekan semua. Apapun yang terjadi di masa lalu akan selalu menjadi pelajaran di masa mendatang.

11 komentar:

  1. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
    SALAM BLOGER INDONESIA..:)

    BalasHapus
  2. yes ur opinion's right boy, everybody knows it better session in our live,, n u never forget that memory forever,,
    good mind,,

    BalasHapus
  3. OK lah gan.. selamat menempuh hidup baru, dimana lika-liku hidup terpampang sangat dekat dihadapan Anda.... :D

    Semoga perjalanan anda selalu mendapatkan perlindungan dari yang maha Esa. :)

    BalasHapus
  4. masa remaja banyak maksiatnya, boy., susaH emank.
    banyak nyebut aja lah..

    BalasHapus
  5. beruntung bagi mereka yang memanfaatkan zaman remaja dengan sebaiknya..

    BalasHapus
  6. Blog n artikelnya keren abiszz gan...like it.

    @Yahya: Hahahayyy, berarti masa beranjak tua masa penuh taubat (not gut).

    BalasHapus
  7. maaf baru sempat ngucapin:

    Selamat Hari Raya Idul Adha 1432 H

    Taqabalallahu minna wa min-kum

    “Semoga Allah menerima amal kami dan amalanmu.”

    BalasHapus
  8. Masa muda sebaiknya digunakan untuk berusaha semaksimal mungkin...berusaha berkarya sebanyak-banyaknya,,,

    BalasHapus
  9. masa Muda, masa yang berAPI-API..

    BalasHapus
  10. Balikin masa remaja aku!!! *tet, sok tua*.
    He he...
    Setuju banget sama pendapatnya....
    2 jempol dh. Xixi....

    BalasHapus
  11. asal jangan kelewat aja, masa remaja itu indah...
    remaja itu harus dimaksimalkan agar tidak kecewa kemudian hari..

    salam kenal

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...