21 Des 2010

Indah dalam perbedaan

Setelah saya berjalan - jalan dan mengunjungi belahan daerah di berbagai penjuru indonesia, ada suatu hal yang terbeban di pikiran saya dan itu sangat mengganggu banget loh. kenapa saya bilang begitu karena itu yang menyebab kan sesama manusia saling bercerai berai dan salaing membenci satu sama lainya. hal apakah itu..? Itulah saling menghargai dari perbedaan yang terjadi, apalagi sekarang saya kuliah di STAIL Surabaya yang mahasiswa dan mahasiswinya dari penjuru indonesia, ada yang dari kalimantan (palangkaraya, berau, samarinda, pontianak, dll.) , jawa (mendominasi) , sumatra  ( mentawai, bengkulu dll.) , papua ( irian jaya, manokwari, dll) , aceh, sulawesi, gorontalo, medan dan sebagainya. Sungguh hal yang sangat dan harus disyukuri karena itu adalah karunia Allah SWT yang tiada tandingannya. Akan tetapi sebagian orang malahan bertindak egois dengan dirinya sendiri dan cenderung fanatik golongan, ini hal yang paling sungguh benar saya sangat  tidak suka sekali , bayangkan saja apa yang terjadi kalu setiap orang tidak mau menerima kehadiran orang lain dalam hidupnya. Memangnya dia yang buat bumi ini, apalagi orang yang sombong dengan berlebihan karena kebetulan ibunya terpaksa melahirkan dia di tanah jawa, sehingga tidak mau berteman dan bergaul dengan anak - anak yang diluar jawa seperti saya, kasihan sekali saya kalau begitu. 
Keanekaragaman itu bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan. Dari perbedaan - perbedaan
itu seharusnya kita memiliki tujuan dan cita-cita perjuangan yang sama, yaitu
mewujudkan suatu masyarakat adil, makmur, sejahtera, damai dan sebagainya, Apalagi situasi negara kita sedang menata kehidupan yang lebih baik, tidak bagus kalau kita melecehkan orang lain dengan golongan kita yang sama sekali tidak jelas dan tidak membawa manfaat malah membawa mudhorat bagi siapa saja. Pernahkah kalian membayangkan jika segala sesuatu harus dilakukan sendiri: menanam padi sendiri untuk mendapatkan beras; menanam tumbuhan untuk membuat pakaian dan menjahit pakaian sendiri; membangun rumah sendiri dari awal; membuat kendaraan sendiri; mencuci baju sendiri; memasak sendiri; membersihkan rumah sendiri; dan mengambil keputusan sendiri? Pasti itu sangat melelahkan, merepotkan, atau bahkan tidak mungkin dilakukan.
Pasti ada hal-hal yang tidak bisa kita lakukan sendiri dengan baik. Guru membutuhkan murid, penulis membutuhkan pembaca, produsen membutuhkan konsumen, perusahaan membutuhkan karyawan dan konsumen, serta pemimpin membutuhkan anak buah. Tentu saja kondisi ini berlaku pula sebaliknya. Jadi intinya: kita semua saling membutuhkan. Selain saling membutuhkan, ternyata kita semua juga bisa saling menguntungkan. Kita merasa beruntung karena bisa berbagi dengan orang lain: kita mendapat pemasukan uang dan mendapat kepuasan karena ada orang lain yang mau menggunakan hasil karya kita. Orang lain juga merasa diuntungkan dengan kebaradaan kita karena mereka bisa mendapatkan apa yang mereka perlukan dari kita.
Misalnya, murid merasa diuntungkan karena ada guru yang mau berbagai ilmu dan keterampilan. Sebaliknya, guru juga merasa diuntungkan karena ia bisa membagi ilmu dan keterampilan kepada orang lain dan mendapat pemasukan dari pekerjaannya. Produsen merasa diuntungkan karena ada pembeli. Sebaliknya, pembeli juga merasa diuntungkan karena bisa mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan tanpa harus repot membuatnya sendiri.
Nah kalu kita saling menghargai otomatis dunia akan terasa indah dan damai, tidak ada saling  menindas dan membajak antara sesama manusia, mengolok antara golongan suku dan budaya. we are brother . . . ,, we are living together in this earth .

13 komentar:

  1. soo pasti, bukankah perbedaan adalah rahmat, coba gedung dibangun hanya dengan satu unsur (pasir saja contohnya) apakah akan bisa berdiri, tentu memerlukan unsur yang lain :)

    BalasHapus
  2. nggak bisa bayangkan jika dunia ini diisi dengan hal-hal yang serupa...
    boleh beda asalkan hanya menyembah Allah saja.....
    follow nih

    BalasHapus
  3. bner bgt bro,, ya dr skarang marilah kita syukuri perbedaan,, krna berbeda itu menimbulkan rasa saling mengisi dan melengkapi,, nice info bro,,, thanks yach,,

    BalasHapus
  4. setuju dgn semua komen diatas, perbedaan adalah anugerah, namun karena manusia mudah dikuasai oleh nafsu hingga sering menjadikan perbedaan sebagai alasan perpecahan dan perselisihan.

    BalasHapus
  5. benar sob, perbedaan memang seharusnya tdk jadi ajang persaingan yg menimbulkan perselisihan tpi jdikanlah persatuan agar dunia ini menjadi tentram dan jauh dri pertikaian

    BalasHapus
  6. kunjungan balik sobat.....salam kenal ya....
    templatenya keren.....

    BalasHapus
  7. yup sobat,,
    mantap teplatex tp berat bgt,, ;'(

    BalasHapus
  8. Wow, saya suka desain blog anda..
    salam kenal..

    BalasHapus
  9. pokoknya saling paham aja :)

    BalasHapus
  10. i think so a'...
    perbedaan itu bukanlah masalah...
    tapi kekuatan utk mncpai satu tjuan yg sma...
    tentux tjuan kebaikan....

    BalasHapus
  11. pemikiran yang bagus sobat, dipertahankan terus, trims juga atas kunjunganya, salam...

    BalasHapus
  12. perbedaan itu fithrah lah...
    different is rahmat... titik.

    BalasHapus
  13. karena perbedaan membuat hidup indah ...

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...