29 Nov 2011

Resiko Sebagai Mahasiswa

Rekan sekalian pasti ada yang sudah menjadi MAHAsiswa, kalau masih bergelar siswa sich biasa saja tapi kalau sudah ada tambahan MAHA di depan siswa kayaknya menjadi siswa tertua dalam pendidikan indonesia ya, dan seakan mahasiswa adalah siswa yang di agungkan dari tindak-tanduk, sikap, prilakau, mindset, paradigma di tuntut harus sempurna pokoknya. Tapi apakah rekan semua sudah tahu sebenarnya siapa sih mahasiswa itu, Mahasiswa dalam peraturan pemerintah RI No.30 tahun 1990 adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar diperguruan tinggi tertentu. Selanjutnya menurut Sarwono (1978) mahasiswa adalah setiap orang yang
secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran di perguruan tinggi dengan batas usia sekitar 18-30 tahun. Namun setiap orang akan mengambil persepsi mahasiswa itu berbeda-beda menurut mereka msing-masing. Ada juga yang mengatakan MAHASISWA itu adalah Manusia, Akal, Amanah, Semangat, Iman, Senang, Wajib, Amal. Tapi apakah setiap siswa yang akan menjadi Maha sudah tahu segala resiko yang berkaitan dengan kemahasiswaan, kalau sudah tahu sebelumnya ane yakin banyak yang tidak mau menjadi mahasiswa namun ada juga yang bersemangat sekali menadi mahasiswa karena tertantang dengan kadaan yang lebih menantang. Ada beberapa resiko yang perlu diketahui dan di antisipasi saat rekan sekalian menjadi mahasiswa, diantaranya:
> Resiko Akademik
  1. Namanya tugas adalah cemilan sehari-hari mahasiswa, bagi yang tidak suka ngemil tugas maka akan susah menjalani hidup sebagai mahasiswa, karena dosen dalam memberikan tugas tidak mau tahu kita dapat tugas dari dosen lain atau tidak, yang penting tugasnya harus di selesaikan...!!!! Waow
  2. Bahasa yang digunakan dalam perkuliahan bukan bahasa anak-anak lagi, namun sudah tinggi dan perlu pemahaman yang mendalam, sehingga tidak aneh kalau sering mahasiswa di awal tahun membawa kamus ilmiah, populer kemana dia belajar, karena kata-kata yang digunakan sudah naik ke level atas
  3. Dosen Killer, wah ngeri juga yang ini karena setiap dosen ingin mahasiswa yang masuk kelas dia harus perfect karena bukan anak-anak lagi sehingga sangat sering dosen membantai mahasiswa dengan indahnya. Yang penting jangan kelahi saja yah rekan sekalian.
  4. Mata Study baru seumur hidup belum pernah di pelajari, kadang hal ini belum dibayangkan seperti jurusan yang belum tahu apa saja isi study yang akan dia ambil, apalagi pelajaran yang menggunakan pemikiran yang tenang seperti filsafat, mantik, sastra dan lain sebagainya.
>Resiko Pergaulan
  1. Salah milih teman dekat, terkadang mahasiswa dari daerahyang jauh dan belum punya kenalan sama sekali sering tertipu dengan teman baru yang pura-pura baik tapi ternyata membawa pengaruh buruk, bukan bagi perkuliahan tapi juga masa depan.
  2. kebiasaan sehari-hari di lingkungan atau tempat kost sangat mempengaruhi paradigma dan perilaku berfikir mahasiswa tentunya
  3. Bersantai dan meremehkan sesuatu karena kebiasaan di kelas atau tempat tinggal
  4. Pacaran adalah suatu hal yang di anggap wajardi zaman sekarang namun esensi dari pacaran itu yang sering membawa pengaruh yang negatif bagi seorang mahasiswa, dia malah jarang belajar karena sudah tidak fokus kulian malah fokus pasangannya, dan jadinya tidak sedikit mahsiswa yang gagal karena pacaran
  5. Bisnis yang tidak terkendali membuat mahasiswa hilang visi dan misi kuliah untuk membentuk pribadi yang tangguh, cerdas dan militan. nanum ada juga yang bertujuan untuk mencari pekerjaan, ketika pertengahan kulian dapat pekerjaan yang lumayan maka ditinggalkan kuliahnya.
  6. Kurang Pergaulan juga tidak baik namun Terlalalu gegabah dalam bergaul juga buruk, ya seimbangkan lah dengan keadaan kita.
>Resiko Individu
  1. Kesehatan memburuk saat jadi mahasiswa padahal saat jadi siswa adalah remaja tangguh tapi kenapa saat menjadi mahasiswa malah letoy, lemah. Ada beberapa sebab diantaranya tertekannya psikologi karena tugas bertumpuk sehingga pola makan tidak teratur dan hasilnya kesehatan terganggu.
  2. Depresi karena dosen yang Killer juga penyebab seseorang tertekan dengan hidupnyadan tidak sedikit yang memutuskan kuliah karena takut bertemu orang-orang sangar dan kejam dalam pengajaran. Bisa juga banyak yang menjadi sakit karena takut dengan dosen tertentu. hehehheee lucu tapi ngeri dan menakutkan juga.
  3. Mood yang naik turun sangat mengganggu belajar kita, pasti perasaan hati juga penentu semua itu.
  4. Hilang niat karena goncang dengan semua perkuliahan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya
Rekan sekalian begitulah sekelumit resiko menjadi mahasiswa, jangan mengaku mahasiswa kalau belum pernah stress karena tugas, dan jangan juga mengaku menjadi mahasiswa kalau belum pernah mengalami beberapa resiko diatas, memang untuk menyandang gelas MAHAsiswa perlu pembuktian yang nyata dan cobaan yang tidak biasa kita lega atau binasa semua pilihan di tangan kita. Kalau tidak siap dengan semua rintangan itu jangan jadi mahasiswa, heheheee
Selamat berjuang mahasiswa, ubah indonesia menjadi lebih baik dari hari kemarin.

4 komentar:

  1. saya suka dengan kata sekelumit itu akhi.,hehe

    BalasHapus
  2. Selamat menjadi mahasiswa ya.....
    Selamat menjadi agent of change!

    BalasHapus
    Balasan
    1. saiia bungung mau komen lewat mana.. gag nemu tombolnya.. jadi reply di sini ajja gpp kang iia :( selamat bermahasiswa ria dee klu gitu kang ;)

      Hapus
  3. Jadi teringat jaman dulu, meski jarang dibuat stress sama tugas2, tapi jujur pernah merasakan juga hehe...

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...