11 Nov 2010

Buah..? sebelum atau sesudah nasi..?

Ada hal yang menjadi kebiasaan orang indonesia dalam hal menyantap makanan atau hidangan yang ditemani buah - buahan diantara hidangan tersebut. Banyak terekam dari setiap mereka bahwa buah itu makanan pencuci mulut yang dimakan setelah makan makanan pokok seperti nasi da lain- lain sebagai pencuci mulut katanya, tapi cuman katanya.   Tapi sebenarnya apakah buah - buahan baik dimakan sebelum atau setelah makan makanan pokok. bagaimana menurut kesehatan..? Nah ini
yang menjadi kebiasaan orang indonesia bahwa makan buah itu setelah makan nasi. Saya juga waktu kecil hingga beranjak dewasa, sering terbawa perkataan orang - orang yang lebih dewasa dari saya bahwa maka buah itu sebagai pencuci mulut setelah makan nasi. Tapi saya terkejut setelah mulai membaca buku - buku kesehatan dan juga saran dokter bahwa "sebaiknya makan buah itu sebelum makan nasi" saya pun bingung kenapa buah duluan ya, setelah saya baca - baca barulah saya tahu dan pengetahuan baru saya tersebut. Nah sedikt info akan saya bagi bagi pembaca sekalian.
tambah lagi takjub saat membaca salah satu ayat dalam Kitab Suci Al-Qur'an aitu: “ Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.”(Q.S. Al Waqi`ah 20-21)
Dalam ayat tersebut Allah swt menerangkan tentang makanan penduduk syurga. Yang menarik di sini, bahwa Allah menyebutkan buah-buahan dahulu, baru kemudian daging. Buah harus di makan selagi lambung kosong, yaitu pada waktu bangun tidur di pagi hari dan saat akan tidur di malam hari. Mengapa? Alasannya adalah : karena buah tidak di cerna dalam lambung. Buah di cerna dalam usus halus.
Buah di rancang untuk melewati lambung dalam beberapa menit dan langsung ke usus halus, tempat kandungan gulanya di lepaskan. Kalau ada makanan dalam lambung, buah akan terjebak dan meragi dalam lambung. Inilah yang menimbulkan perut kembung dan terasa tidak enak. Karena itu sarapan buah sangatlah bagus, apalagi yang disarikan (juice) sebelum makanan lain.
Kebiasaan orang-orang Yahudi adalah selalu makan buah dulu baru makan nasi, daging dan lainya. Mereka sudahmengetahui rahasia dalam Qur`an sedangkan para muslimin kadang ditipu mereka. dengan kebiasaan makan nasi dulu baru buah. Mari back to Qur`an. Buah-buahan dicerna lambung dan selesai hanya dalam waktu 15-20 menit, kecuali pisang, 45 menit. Zat gula di dalam buah ini langsung memberi kita energi instan yang kita perlukan untuk bekerja sejak pagi hari. Karbohidrat (nasi, jagung, mi, roti) kalau dimakan sendiri, tanpa sayur atau lauk, akan memakan waktu dua jam untuk dicerna lambung. Sedangkan protein hewani (ayam, daging, ikan, telur) kalau tidak dicampur yang lain, memakan waktu sekitar 3-4 jam untuk dicerna lambung. Kalau mencampur karbohidrat dengan protein hewani seperti kebiasaan kita di Indonesia,lambung memerlukan waktu lebih dari enam jam untuk mencernanya.
Nah itu tadi sedikit info tapi banyak khasiatnya buat kita sekalian.

7 komentar:

  1. wuuuiihhh... blog baru...
    tuh khan apa kataku kemaren (lebay@narsis,com). Tambahan neh, dengan memakan buah sebelum makan (bahkan sebelum minum) akan mengurangi penyakit mag... (berdasarkan pengalaman hohoho...)

    BalasHapus
  2. hehehee bner jg mas,, tp knpa kbiasaan org indo tu trbawa ampe kturunan yach mkan buah stlah mkan n ktax pncuci mlut,,

    BalasHapus
  3. wooIII,,

    buat recEnt comments Kumaha..???


    http://uzanck-area.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Ya kya gt boy,,,,
    coba aza atur di setting blog,,,

    BalasHapus
  5. dasara kampungan,,minggir minggr olla cakeb maw lewat

    BalasHapus
  6. minggir - minggir ola kmpungan mau lwat,,
    mrusak blog gw aza kmen mu,,

    BalasHapus
  7. hayooooo... lagy ngapain tuch... sembunyi..di dalam hutan..! memang bener ya..! sungguh naif sekali ya.. jka manusia tidak pandai bersyukur atas semua nikmat allah. dan sungguh celaka sekali ya manusia yang sombong padahal di sisi allah manusia itu tidak ada apa-apanya..! coba manusia suruh bikin buah kaya; g2 mana bisa. paling makan aja yang bisa.... astaghfirullah...

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...